Kamis, 19 Agustus 2010

American Sign Language Manual Alphabet

Gambar di samping adalah bahasa isyarat alfabet khas Amerika. Saya berharap semua pembaca dengan antusias mempelajari bahasa isyarat dengan mencontoh gambar di samping. Mempelajari bahasa isyarat sangat menyenangkan kan? Saya sendiri sudah menguasai bahasa isyarat sejak kecil. Namun, akhir-akhir ini saya jarang menggunakannya kecuali jika berkomunikasi dengan adikku yang membutuhkan bahasa isyarat ketika berkomunikasi. Jika ada nama orang atau barang yang baru saja dikenalinya, saya akan memberitahunya dengan mengeja nama-nama tersebut dengan bahasa isyarat itu. Dia akan menerapkan ejaan nama tersebut kemudian menghafalkannya. Dia sebenarnya tidak bisu dan bisa bicara tetapi bicaranya belum sejelas. Pelan-pelan dia belajar bicara supaya bisa berbicara jelas. Nikmati proses dulu baru bisa membanggakan hasilnya bukan? Perlu diketahui bahwa saya sama seperti adikku yang menyandang cacat tuli. Jika mau ngobrol dengan kami berbicaralah asalkan bicara yang jelas dan pelan! Pernah sih saudara sepupu saya minta diajari mengeja huruf alfabet dengan bahasa isyarat seperti gambar di atas. Saya dengan senang hati mengajarinya. Herannya dalam sekejap mereka sudah menghafalkannya. Kelihatannya mereka antusias mempelajarinya. Tidak hanya mereka, teman-teman sekolah pun begitu. Saya sebenarnya malas mengajarinya, tetapi melihat niatan mereka saya rela mengajarinya malah menarik perhatian teman yang lainnya. Akhirnya beberapa teman sudah menguasainya dengan baik. Perlu diketahui bahwa saudara sepupu dan teman-teman sekolah semuanya normal dan senang mempelajarinya. Bahasa isyarat alfabet mudah kan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar